Catatan Penting Nokia 150 Tahun

Sahabat HaPe Pedia, berbicara soal handphone maka pastinya tak akan pernah luput dari kata Nokia. Nokia telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam sejarah pengembangan Handphone. Perusahaan ini dikenal sebagai raksasa telepon seluler pada akhir 1990-an hingga pertengahan 2000-an. Selama 14 tahun, produk Nokia menjadi ponsel sejuta umat dan mendominasi pasar telepon seluler dunia.

150 Tahun Nokia
150 Tahun Nokia
 
Pada 12 Mei 2015 kemarin sahabat HaPe Pedia, Nokia resmi merayakan ulang tahun ke-150. Dan tahukah anda sahabat HaPe Pedia, ternyata perjalanan Nokia dimulai bukan sebagai perusahaan pemproduksi ponsel, Nokia justru didirikan sebagai pabrik kertas. Pada tahun 1865 di Tampere Nokia resmi didirikan, lokasi ini terletak di Barat Daya Finlandia.
 
Adalah Fredrik Idestam yang berperan sebagai pendiri Nokia. Beberapa tahun kemudian, Nokia kemudian bergabung dengan perusahaan pembuat karet, Finnish Rubber Works dan Finnish Cabble Works. Selanjutnya pada tahun 1967, Ketiga perusahaan tersebut melakukan merger dan resmi menggunakan nama Nokia Corporation.
 
Setelah resmi menjadi satu perusahaan, Nokia Corporation memproduksi berbagai macam produk, antara lain karet, alumunium, bahan kimia, kabel, masker, dan generator. “Nokia kemudian mulai mengembangkan ponsel,” ujar CNET sebagaimana dilansir pada tempo.co. Dan pada tahun 1967 Nokia resmi untuk pertama kalinya terjun ke bisnis ponsel.
 
Dan pada tahun 1992, Nokia Corporation mulai memproduksi ponsel secara massal. Produk pertamanya diberi nama Nokia 1011. Dilanjutkan dengan produk ponsel yang dirilis dua tahun kemudian, yakni Nokia 2110. Produk inilah yang merupakan ponsel pertama yang memperkenalkan nada dering khas Nokia.
 
Beberapa tahun setelahnya, Nokia membuktikan keseriusannya dalam memproduksi ponsel dengan merilis seri The Matrix atau Nokia 8110. Juga setelahnya, Nokia berhasil memproduksi sang ponsel legendaris Nokia 3210. Nokia 3210 ini tercatat sebagai “legenda” karena pada ponsel inilah game Snake pertama kalinya bisa dinikmati.
 
Dan pada abad 21 di tengah tren telepon pintar/smartphone, popularitas Nokia mulai menurun. Ponsel Symbian mulai tergeser oleh platform Android buatan Google dan iOS yang dibuat Apple. Kemudian Nokia mencoba untuk  menggandeng Microsoft untuk menghadirkan sistem operasi Windows Phone bagi seri Lumia. Namun tetap, Nokia belum mampu bersaing. Kemudian Nokia pun menyerah dan menerima pinangan Microsoft pada 2013. Dan untuk selanjutnya, Nokia kini memilih berfokus pada bisnis jaringan, infrastruktur, dan aplikasi Here Maps.

 
Nokia juga pernah diisukan bahwa perusahaan ini akan kembali memproduksi ponsel. Namun, kabar ini dibantah. Dan selanjutnya sahabat HaPe Pedia, apa yang akan diproduksi Nokia selanjutnya? Apakah 1,2,3 atau beberapa tahun selanjutnya Nokia akan memproduksi ponsel lagi?, kita tunggu saja sahabat HaPe Pedia. Dan dengan nada penyemangat untuk Nokia mari kita ucapakan selamat ulang tahun yang ke 150 pada Nokia. Semoga kembali berjaya. :)

Blog, Updated at: 16:56

0 comments:

Post a Comment