Martin Cooper Si Penemu Handphone

Martin Cooper

Di abad ini, siapa yang tak kenal dengan yang namanya Handphone (HP) alias Telepon genggam (telgam), atau ada juga yang menyebutnya telepon seluler (ponsel). Dari mulai anak-anak, remaja hingga orang tua semua sudah hampir menggunakan alat komunikasi yang satu ini, atau paling tidak sudah tahu tentang alat yang memudahkan kita dalam berinteraksi ini.

Semakin hari alat komunikasi yang memanfaatkan jaringan nirkabel ini semakin menunjukkan kemajuan yang sangat pesat, fungsinya kini semakin banyak memudahkan segala urusan. Mulai dari jual beli, berfoto, jual beli online dan banyak lagi yang lainnya.

Dan sadarkah, atau tahukah kita, Adalah Martin Cooper, pria kelahiran 26 Desember 1928 , seorang karyawan Motorola. Pada tanggal 03 April 1973 ia berhasil menemukan sistem telpon genggam, walaupun banyak disebutkan bahwa penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola akan tetapi ide yang mencetuskan tentang sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel (portabel) oleh Martin Cooper sendiri.

Setelah selesai dengan ini idenya, Cooper bersama timnya justru dihadapkan dengan tantangan baru, yakni bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut. Dan akhirnya setelah berkutat dalam waktu yang cukup panjang akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan berat dua kilogram. Dan Motorola langsung memproduksi karya Martin Cooper dan Timnya tersebut. (Baca juga Handphone Pertama Karya Martin Cooper)

Tak cukup sampai disana perjuangan Martin Cooper, Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia. Hal ini dilakukan agar penemuannya ini beroperasi secara lebih maksimal.


Ya, itulah tadi Martin Cooper yang dilahirkan di Chicago, Illinois, USA, seseorang yang berjasa dalam menemukan sebuah alat komunikasi yang manfaatnya bisa kita rasakan saat ini. Tak mudah bukan untuk membuatnya untuk pertama kalinya, tapi karya besar akan selalu diingat oleh dunia dan yang melakukannya juga akan selalu di kenang oleh generasi selanjutnya. Apakah kita tak ingin berkarya juga? J
Blog, Updated at: 01:33

0 comments:

Post a Comment