Cara Memaksimalkan Foto Sebelum Diunggah Ke Sosial Media

Memotret dengan Smartphone
Memotret dengan Smartphone

Sahabat HaPe Pedia, mengunggah foto ke sosial media rupanya telah menjadi tren yang tak bisa dihilangkan dari kebiasaan masyarakat kita dewasa ini. Dengan mengunggah foto-foto kita, lingkungan kita, kegiatan kita, rupanya telah menjadi keharusan bagi kita untuk menjaga eksistensi kita di dunia maya. Benarkah sahabat HaPe Pedia, jika benar dan sahabat masuk pada kategori tersebut, berikut HaPe Pedia tunjukkan pada anda tentang bagaimana memaksimalkan kualitas foto yang akan anda ungggah.

Kebanyakan smartphone memang banyak yang membanggakan dengan pilihan App foto editingnya masing-masing, tapi ada satu App/aplikasi yang kualitasnya jauh lebih menjanjikan dan fiturnya sangat bermanfaat untuk menyiapkan foto yang akan kita unggah ke sosial media. Adobe Photoshop Express namanya, sebuah aplikasi yang gratis untuk dua platform yakni iOS dan Android.



Dan tentunya sahabat HaPe Pedia, dari app tersebut berikut kami jelaskan tentang hal apa saja tool yang harus digunakan untuk memaksimalkan kualitas foto yang akan anda unggah ke sosial media.

Crop
Melakukan Croping
Melakukan Croping

Hal pertama yang harus sahabat HaPe Pedia lakukan adalah croping, alias pemotongan, Pertimbangkan jika gambar Anda akan mendapat manfaat dari yang dipotong untuk ukuran atau daerah tertentu maka lakukanlah. Terlalu sering Anda melihat foto-foto yang sebenarnya tidak perlu atau objek dalam frame yang meskipun dengan tidak adanya tidak berpengaruh pada foto kita, sehingga hanya akan mengganggu fokus foto yang ingin anda unggah. Jangan takut untuk melakukan pemotongan, karena justru dengan langkah ini anda akan menemukan frame maksimal dari foto anda.

Dalam Adobe Photoshop Express, tool untuk crop adalah ikon kedua pada menu yang  berada di bawah . Setelah Anda memilih setelah anda meilih tool tersebut, hanya anda butuh menyeretkan jari anda sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Dan Jika Anda berubah pikiran kapan saja, Anda hanya dapat menekan tombol undo untuk kembali ke foto asli Anda .

Sharden
Mengatur Sharden
Mengatur Sharden

Sahabat HaPe Pedia tentu sering melihat banyak foto buram ketika berselancar di media sosial. Sementara tidak ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengubah gambar yang sangat kabur. Dan ternyata pada Adobe Photoshop Express anda dapat melakukannya dengan mudah sekali.
Tekan ikon pada menu bawah yang memiliki tiga titik-titik . Dari sini , Anda akan melihat opsi untuk mengubah kejelasan gambar dan untuk mempertajam itu . Ketuk pada pilihan untuk memulai proses , kemudian gunakan alat geser untuk memilih tingkat yang sesuai dengan gambar terbaik anda. Mudah bukan?.

Red Eye
Mengatur Red Eye
Mengatur Red Eye

Selajutnya adalah Red Eye atau Mata merah adalah memperbaiki keadaan mata dengan cara yang benar-benar sederhana . Dalam aplikasi Adobe Photoshop Express, tekan pada ikon mata di bagian bawah layar . Anda kemudian dapat menekan "Red Eye Auto Detect & Correct" tombol untuk solusi otomatis, atau tekan pada mata merah pada gambar untuk memperbaiki secara manual. Dan tentunya sahabat HaPe Pedia, tool ini bukan hanya berlaku pada manusia, tool ini juga berlaku pada hewan yang objek matanya ingin diubah.

Blemishes
Memperbaiki Cacat
Memperbaiki Cacat

Dan selanjutnya sahabat HaPe Pedia, Blemishes, “memperbaiki cacat pada foto anda”. Maksudnya adalah meminimalkan cacat kecil yang nampak pada diri anda, semisal jerawat dan bintik-bintik pada kulit.

Adobe Photoshop Express memiliki kemampuan smoothing yang dapat menghilangkan bintik-bintik , kotoran dan debu . Geser ke kiri pada menu bawah sampai Anda dapat melihat ikon perban. Tekan , lalu ketuk area di gambar yang perlu meningkatkan. Mudah bukan, that is not magic sahabat HaPe Pedia.

Darkness
Mengatur Kecerahan
Mengatur Kecerahan

Dan ini yang terpenting sahabat HaPe Pedia. Kemampuan kamera Smartphone rata-rata kualitasnya masih rendah sehingga tingkat pencerahan sering kali menjadi kelemahan pada hasil foto yang diambil.

Ada masalah tentu ada solusi sahabat HaPe Pedia, dan solusinya ada pada aplikasi Adobe Photoshop Express, solusinya bisa dilakukan hanya dengan menyesuaikan gambar yang kontras , exposure, menyoroti , bayangan , suhu , warna dan Vibrance .

Untuk mengakses tool/alat ini, tekan ikon tiga titik, dan pergi melalui berbagai pilihan yang tersedia. Bisa dicoba sendiri sahabat HaPe Pedia.


Bagaimana sahabat HaPe Pedia, mudah bukan, jika berminat langsung didownload aplikasinya sahabat. Banyak tersedia di internet karena gratis. Dan silahkan berexpresi dengan foto-foto anda. Demikian sahabat HaPe Pedia, semoga bermanfaat. Bye.



*Diolah dari beberapa sumber trpercaya, seperti mashable.com dan yang lainnya. Semua foto repro internet, termasuk flickr.com.
Blog, Updated at: 16:57

3 comments: